Pengetahuan

Semua ada disini

Hukum Newton

Hukum Newton adalah hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum gerak ini merupakan pondasi mekanika klasik yang dijabarkan dalam tiga Hukum Fisika.
Sesuai dengan namanya, Hukum Newton dikemukaan oleh seorang ahli fisika, matematika, dan filsafat dari Inggris yang bernama Sir Isaac Newton (1643 – 1722). Ia menemukan hukum gravitasi, hukum gerak, kalkulus, teleskop pantul, dan spektrum.

GAYA

gaya

Pengertian Gaya

Gaya merupakan tarikan atau dorongan yang terjadi terhadap suatu benda. Gaya bisa menyebabkan perubahan posisi, gerak atau perubahan bentuk pada benda. Gaya termasuk ke dalam besaran Vektor, karena mempunyai nilai dan arah. Sebuah Gaya disimbolkan dengan huruf F (Force) dan Satuan Gaya dalam SI (Satuan Internasional) yaitu Newton, disingkat dengan N. Pengukuran gaya bisa dilakukan dengan alat yang disebut dengan dinamometer atau neraca pegas. Untuk melakukan sebuah gaya diperlukan usaha (Tenaga), semakin besar gaya yang hendak dilakukan, maka semakin besar pula Usaha (tenaga) yang harus dikeluarkan.

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Pengertian
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda dengan lintasan garis lurus dan memiliki kecepatan setiap saat berubah dengan teratur.

Gerak Lurus Beraturan

Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah sebagai gerak suatu beda dengan kecepatan tetap. Kecepatan tetap artinya baik besar maupun arahnya tetap. 

Misalnya, sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap 80 km/ jam. Artinya, mobil itu dapat menempuh jarak 80 km dalam waktu 1 jam. Jika jarum speedometer di mobil itu tetap menunjukkan 80 km/ jam, berarti mobil itu bergerak dengan kecepatan konstan, karena kecepatan benda tetap, maka kata kecepatan bisa diiganti dengan kelajuan.

Gerak Lurus

Pengertian Gerak Lurus

Gerak lurus adalah suatu kondisi dimana suatu benda berpindah menjauhi posisi titik acuan dengan lintasan lurus. Titik acuan adalah suatu titik untuk memulai pengukuran perubahan kedudukan benda. Adapun lintasan adalah titik-titik yang dilalui oleh suatu benda ketika bergerak.
Suatu benda dikatakan bergerak terhadap benda lain jika mengalami perubahan kedudukan terhadap benda lain yang dijadikan titik acuan, sehingga benda yang diam pun sebetulnya dapat dikatakan bergerak, tergantung titik mana yang dijadikan acuan.

Gerak Hewan di Darat

Hewan di darat bergerak dengan berbagai cara yaitu berjalan, berlari, melompat, dan merayap. Hewan darat memiliki otot dan tulang yang kuat. Otot dan tulang tersebut digunakan untuk mengatasi inersia ( kecenderungan tubuh untuk diam ) dan menyimpan energi pegas ( elastisitas ) sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas. Kecepatan gerak hewan di darat berbeda beda karena dipengaruhi oleh perbedaan struktur tulang dan otot yang dimiliki hewan.

Gerak Hewan di Udara

Beberapa jenis hewan misalnya burung, dapat terbang di udara dengan cara yang unik. Tubuh hewan hewan tersebut memiliki gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat yaitu menggunakan sayap. Burung tebang dengan cara mengepakkan sayap. Burung mengepakkan sayapnya dari atas ke bawah untuk menimbulkan gerakan mengangkat dan mendorong tubuhnya di udara. Prinsip cara terbang burung tersebut diterapkan pada pesawat terbang, khususnya pada pesawat terbang bersayap bentuk airfoil

Gerak Hewan dalam Air

Air memiliki kerapatan lebih besar dibandingkan udara. Oleh karena itu, ikan lebih sulit bergerak di air. Air memiliki gaya angkat lebih besar dibanding di udara. Namun, hewan yang hidup di air memiliki massa jenis lebih kecil dibanding dengan lingkungannya. Oleh karena itu, ikan dapat melayang di dalam air dengan melakukan sedikit energi. Gerak ini juga memiliki kaitan dengan Hukum Pascal


Gerak Nasti

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu jenis gerak esionom pada tumbuhan yaitu gerak nasti yang meliputi pengertian gerak nasti, macam macam gerak nasti, contoh gerak nasti, jenis jenis gerak nasti, macam macam gerak pada tumbuhan.


Gerak Taksis

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu jenis gerak esionom pada tumbuhan yaitu gerak nasti yang meliputi pengertian gerak taksis, macam macam gerak taksis, contoh gerak taksis, jenis jenis gerak taksis, macam macam gerak pada tumbuhan.


Gerak pada Tumbuhan

Jenis Gerak pada Tumbuhan

Berdasarkan ada tidaknya rangsang gerak tumbuhan dibedakan menjadi :

       a. Gerak endonom.

berbagaireviews.com

  Gerak endonom adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi rangsang atau tidak dipengaruhi faktor dari luar.
Contoh gerak endonom : kulit buah polong-polongan akan pecah jika sudah kering, gerak kromosom pada saat sel membelah.



5 Mobil Termahal di Dunia

1. Lamborghini Veneno Roadster



Mobil termahal di dunia yang pertama ini diproduksi sangat terbatas yaitu hanya sembilan model oleh sebuah pabrikan asal Italia yaitu Lamborghini. Bagi siapa saja yang ingin memilikinya siapkan saja dana 4,5 juta Dollar Amerika atau sekitar 48,6 miliar rupiah. Menggunakan mesin berkapasitas 6.5L V-12 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 740 tenaga kuda. Transmisinya menggunakan 7 kecepatan tunggal dengan sistem clutch ISR automated manual transmission sama dengan yang digunakan pada veneno cope, dan kecepatan maksimal yang bisa dicapai mobil sport ini tembus sampai 355,6 km/jam. Seluruh bagian bodi baik eksterior maupun interior Lamborghini Veneno Roadster ini banyak menggunakan serat karbon yang mempunyai kualitas yang sangat tinggi.


5 Hewan Terbesar di Dunia

Berikut lima hewan terbesar yang pernah hidup di dunia:

1. Liopleurodon
Hewan terbesar yang pernah ada di dunia adalah Liopleurodon. Liopleurodon adalah predator puncak di lautan Eropa. Hewan ini memiliki gigi sepanjang 30 cm dan  panjang Liopleurodon bisa mencapai 25 meter.