Pengetahuan

Semua ada disini

Penyedap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu zat aditif pada makananyaitu zat (bahan) penyedap, yang meliputi bahan penyedap rasa alami dan bahan penyedap rasa buatan, penyedap rasa tanpa MSG atau penyedap rasa non MSG dan pengganti MSG.
                                   

Macam-macam Penyedap Rasa Makanan

Kamu tentu sering membeli mi instan bukan? Selain mi kering, di dalam kemasan mi instan kamu akan menemukan bungkusan bumbu.

Pengawet

Bahan pengawet menurut asalnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bahan pengawet alami dan pengawet buatan.

Image result for pengawet

1. Bahan Pengawet Makanan Alami

Bagaimana cara nelayan menjaga agar sisa ikan yang tidak terjual dalam keadaan segar tidak cepat membusuk dan tetap laku di pasaran?

Pemanis

Berikut ini merupakan pebahasan tentang salah satu zat aditif pada makanan yaitu zat (bahan) pemanis, yang meliputi bahan pemanis alami, bahan pemanis buatan, bahan pemanis makanan alami, bahan pemanis makanan buatan, zat pemanis makanan pengganti gula, jenis jenis pemanis buatan atau pemanis sitetis.
                                         
                                                Image result for pemanis




Macam-macam Jenis Pemanis Makanan
Kamu tentu menyukai permen atau kembang gula, bukan? Rasa manis pada permen tersebut berasal dari bahan pemanis yang ditambahkan padanya. Bahan pemanis ini ada dua macam, yaitu pemanis alami dan pemanis buatan.

Pewarna

Warna merupakan salah satu aspek penting dalam hal penerimaan konsumen terhadap suatu produk pangan. Warna dalam bahan pangan dapat menjadi ukuran terhadap mutu, warna juga dapat digunakan sebagai indikator kesegaran atau kematangan. Zat pewarna makanan adalah bahan tambahan pangan yang ditambahan ke dalam makanan dengan tujuan untuk memperbaiki atau memberi warna pada makanan sehingga makanan tersebut lebih menarik, menyeragamkan dan menstabilkan warna, serta menutupi perubahan warna akibat proses pengolahan dan penyimpanan.
                                               Image result for pewarna

Konstipasi

Definisi

Apa itu sembelit atau konstipasi?

Sembelit adalah suatu kondisi saat Anda sulit buang air besar untuk waktu yang lama. Seseorang biasanya dikatakan mengalami sembelit jika buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.
Sembelit biasanya sembuh jika Anda mengubah gaya hidup Anda, namun sembelit kronis akan lebih sulit untuk diterapi dan biasanya merupakan gejala dari kondisi medis yang lain.

Hepatitis

Hepatitis. Tentunya Anda pernah mendengar nama penyakit tersebut, bukan? Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya penyakit Hepatitis tersebut? Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia. Di sini hati atau liver mengalami peradangan sehingga membuat fungsi hati, yang sebagai tempat penyaring racun-racun dalam darah, menjadi terganggu. Dengan terganggunya fungsi hati tersebut, maka terganggu pula fungsi organ yang lain, sehingga membuat kesehatan seseorang akan hancur secara keseluruhan. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.

Maag

Maag adalah kasus yang cukup banyak ditemui dalam masyarakat. Bahkan menurut data yang dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2012, tingkat kejadian penyakit maag di Indonesia mencapai 40,8 persen. Akan tetapi, banyak orang masih belum memahami sepenuhnya apa itu penyakit maag.
Anda mungkin masih sering dengar mitos bahwa semua orang itu pasti punya maag, masalahnya hanya apakah maag tersebut akan kambuh jadi penyakit. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu lebih lanjut seputar maag dalam ulasan berikut ini.

Diare

Definisi

Apa itu diare?

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan buang air besar yang lembek atau cair, atau perlu bolak-balik ke toilet. Diare bisa terjadi pada siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak.

Karies Gigi

Karies gigi adalah salah satu penyakit yang dapat merusak kesehatan serta struktur gigi. Penyakit ini mampu membuat penderitanya merasakan nyeri dan bila tak kunjung ditangani, akan mampu menyebabkan kematian. Kini, penyakit ini telah tersebar di seluruh dunia. Untuk itu, perlu diketahui cara untuk menanggulanginya.

Obesitas


Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal.
Sejumlah komplikasi dapat timbul akibat obesitas, bahkan beberapa di antaranya membahayakan nyawa. Beberapa contoh komplikasi yang cukup serius tersebut di antaranya stroke, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, kanker usus, dan kanker payudara.

Sistem Pencernaan

ada dasarnya, semua makhluk hidup harus memenuhi kebutuhan energinya dengan cara mengkonsumsi makanan. Makanan tersebut kemudian diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, sebagai komponen penyusun sel dan jaringan tubuh, dan nutrisi yang membantu fungsi fisiologis tubuh.
Gambar lengkap sistem pencernaan pada manusia :

Jenis Nutrisi

Tubuh manusia membutuhkan berbagai nutrisi penting supaya berfungsi dengan baik. Tetapi Anda mungkin tidak tahu jenis nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tubuh anda setiap harinya. Mengapa nutrisi ini sangat penting buat kesehatan tubuh anda? Hal pertama yang perlu di ingat adalah bila kita kekurangan nutrisi dan gizi tubuh kita akan dengan mudah terserang penyakit yang serius seperti penyakit jantung dan kanker. Berikut 6 Jenis Nutrisi Yang Paling Penting Untuk Kebutuhan Tubuh Anda dan mengapa Anda perlu mengkonsumsi ini secara teratur setiap hari.

                                           Penuhi 6 Jenis Nutrisi Ini Untuk Kebutuhan Tubah Anda

Kebutuhan Energi


  Kebutuhan energi yang diperlukan setiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari beberapa factor, antara lain yaitu : umur, jenis kelamin, berat dan tinggi badan serta tingkat aktivitas sehari-hari

                                                 Gambar terkait
Besarnya energi yang dibutuhkan setiap orang perhari dapat diketahui dengan berbagai cara, hal yang dapat digunakan untuk menghitung besarnya energi, diantaranya dengan cara :

Teknologi yang Terinspirasi oleh Struktur Jaringan Tumbuhan

Teknologi yang meniru jaringan pada tumbuhan misalnya:
1.batang pohon yang kokoh berdiri memberikan inspirasi pada pembangung rumah.
2.Susunan batu rumah meniru jaringan batang.
batang-tembok

Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Terdapat 2 jaringan pada tumbuhan, yaitu jaringan meristem (embrional) dan jaringan permanen (dewasa).

A. Jaringan Meristem

Jaringan muda, jaringan yang selalu aktif membelah (contoh: meristem primer/apical/pucuk, sekunder/lateral, dan interkalar).

Struktur serta Fungsi Buah dan Biji




Bagian bunga yang dapat berkembang dan ikut menyusun buah, sebagai berikut :

1. Daun pelindung, misalnya klobot pada tanaman jagung.
2. Daun kelopak, misalnya pada tanaman terong.
3. Tangkai putik, misalnya pada buah jagung.

Struktur dan Fungsi Bunga

Bunga merupakan modifikasi suatu tunas (batang dan daun) yang bentuk, warna, dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan. Oleh karena itu,  bunga ini berfungsi sebagai tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan yang akhirnya dapat dihasilkan alat-alat perkembangbiakan. Mengingat pentingnya bunga bagi tumbuhan maka pada bunga terdapat sifat-sifat yang merupakan penyesuaian untuk melaksanakan fungsinya sebagai penghasil alat perkembangbiakan.

Struktur dan Fungsi Batang

Berikut ini penjelasan sigkat tentang struktur dan fungsi batang pada tumbuhan. Batang termasuk organ pokok tumbuhan selain akar dan daun. Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang secara bersama-sama melakukan fungsi khusus. Jadi, jika kita mempelajari struktur dan fungsi batang pada tumbuhan, tentu tidak bisa lepas dari struktur dan fungsi jaringan batang.

Struktur dan Fungsi Daun

Selain akar dan batang, daun tumbuhan juga punya peranan penting. Berikut uraian tentang struktur dan fungsi daun pada tumbuhan. Daun termasuk organ tumbuhan. Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang secara bersama-sama melakukan fungsi khusus.

Struktur dan Fungsi Akar

Selain batang dan daun, akar merupakan bagian terpenting dari tumbuhan. Akar adalah bagian tumbuhan yang tumbuh menuju inti bumi
Sistem akar tanaman terus-menerus menyediakan air dan mineral terlarut untuk batang dan daun. Untuk tujuan tersebut, akar harus tumbuh dan mencari daerah baru dalam tanah. Pertumbuhan dan metabolisme dari sistem akar tanaman didukung oleh proses fotosintesis yang terjadi di daun. Hasil fotosintesis dari daun diangkut melalui floem ke sistem akar.