Pengetahuan

Semua ada disini

Influenza

Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.                                           



                                                 

Berikut cara pencegahan penyakit influenza yang mudah dan efektif, yaitu:
  1. Hindari merokok
Karena akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya menjadi lebih mudah terkena infeksi penyakit.
Merokok juga akan menghancurkan kemampuan silia dalam menyaring sumber penyebab penyakit termasuk virus dan bakteri. Selain itu rokok juga menyebabkan risiko penyakit lain seperti kanker, jantung, dan penyakit kronis lain.
  1. Hindari berbagi perlengkapan makan dengan orang lain
Terutama dengan penderita flu karena sangat memudahkan penularan virus tersebut. Selain itu, gunakan perlengkapan makan yang benar-benar sudah bersih.
  1. Hindari stres
Perasaan tertekan yang berlebihan karena dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih lemah. Hal ini juga bisa menyebabkan penyakit lain yang sering menyerang akibat sistem kekebalan tubuh yang melemah.
  1. Istirahat dengan baik
Akan membantu tubuh melawan infeksi dan mencegah penyakit yang mudah menular. Istirahat dengan baik dan tidur cukup juga dapat membantu tubuh agar lebih produktif dan merasa nyaman saat melakukan berbagai kegiatan.
  1. Hindari berbagi perlengkapan mandi dengan orang lain
Karena menjadi perantara penularan flu yang sangat cepat. Hal ini harus dihindari bukan hanya untuk mencegah penyakit flu, melainkan juga penyakit lain seperti penyakit kulit.
  1. Gunakan masker
Untuk melindungi saluran pernafasan atas saat beraktivitas di luar rumah. Masker dapat memperkecil kemungkinan virus menyebar lewat udara. Namun kebersihan masker harus tetap diperhatikan dengan cara seringmengganti masker secara berkala.
  1. Biasakan mencuci tangan
Terutama setelah menggunakan fasilitas umum. Mencuci tangan akan mengurangi bakteri atau virus yang berada di tangan dan bisa masuk ke saluran mukosa.
Hindari kebiasaan sering memegang wajah atau memasukkan jari ke hidung – karena terlalu sering memegang wajah atau hidung akan mempermudah penularan virus penyebab flu mudah masuk ke saluran hidung atau saluran pernafasan atas.
  1. Berolahraga secara teratur
Melatih kardiovaskuler secara teratur – berjalan, bersepeda, aerobik – meningkatkan sistem imun anda. Olahraga tidak dapat mencegah infeksi, tetapi jika anda terkena flu, anda akan lebih sedikit kemungkinannya terkena dampak yang parah dan sembuh lebih cepat daripada orang yang tidak fit.

sumber : http://www.autoimuncare.com/cara-pencegahan-penyakit-influenza/


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.