Pengetahuan

Semua ada disini

Albuminuria

Sebagai masyarakat biasa tentu kita akan sangat asing mendengar tentang nama Penyakit Albuminuria ini. Penyakit Albuminuria juga mempunya nama ilmiah lainnya yaitu proteinuria yang berasal dari kata protein. Nah baru kalau sudah mendengar nama protein kita pasti bisa menduga-duga seperti apa penyakit ini. Albuminuria berasal dari kata Albimun, Albimun sendiri adalah protein yang terdapat pada darah sementara protein merupakan senyawa kompleks yang terdapat di bagian seluruh tubuh seseorang.



Penyakit AlbuminuriaPenyakit Albuminuria

Tugas dari Albumin ini adalah untuk menjaga agar tidak terjadi pembekuan darah di dalam tubuh serta membantu cairan di dalam tubuh manusia bisa tetap seimbang. Lantas bagaimana Penyakit Albuminuria ini bisa terjadi?
Ketika ginjal melakukan penyaringan terhadap racun-racun dan zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh yang kemudian akan dibuang melalui kotoran dan urin, yang tersisa hanyalah zat Albumin dan protein. Sementara ketika ginjal seseorang tidak bisa bekerja dengan baik atau dalam keadaan rusak, maka hal itu juga akan mengganggu proses prnyaringan racun, dampaknya akan berakibat pada protein yang akan ikut terbuang bersama racun tersebut melalui urin, hingga akhirnya penderita Penyakit Albuminuria ini nanti bisa kekurangan protein dalam jumlah yang besar.
Anda pasti bisa membayangkan bagaimana jika ginjal itu nanti rusak, lantas tidak ada tindakan untuk menanggulanginya, maka resiko yang akan pasti dihadapi adalah gagal ginjal. Anda juga pasti sudah tahu bagaimana jika seseorang itu mengalami gagal ginjal, kematian adalah resiko yang paling dekat.
Untuk itu, sebelum situasi semakin parah ada baiknya kita perlu untuk mengenali beberapa gejala Penyakit Albuminuria pada seseorang. Secara umum, gejala yang paling mudah untuk mengenalinya adalah terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Bagian-bagian tubuh yang mengalami pemebengkakan diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Wajah
  • Pergelangan tangan
  • Pergelangan kaki
  • Perut semakin bengkak (buncit)
Sementara itu yang menyebabkan terjadinya Penyakit Albuminuria yang paling sering adalah karena dua faktor yaitu tekanan darah tinggi dan Diabetes (kencing manis). Jadi anda sebaiknya harus berhati-hati jika mengalami dua gangguan kesehatan itu, jika memang sudah terjadi segeralah diobati jika tidak ingin menjadi lebih parah lagi.
Selain dua faktor diatas, ternyata Penyakit Albuminuria juga bisa disebabkan karena beberapa gangguan kesehatan tubuh lainnya seperti misalnya daya tahan tubuh seseorang yang terganggu, kurang minum air putih, infeksi, racun, obesitas, dan biasanya juga karena faktor usia.
Adakah cara untuk mencegah terjadinya Penyakit Albuminuria?
Ada. Dan sebaiknya beberapa pencegahan yang akan kami sebutkan nanti anda lakukan mulai dini akan tidak terlambat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah datangnya Penyakit Albuminuria.
  • Usahakan untuk bisa rutin melakukan check up ke dokter guna memeriksakan kesehatan ginjal anda.
  • Usahakan untuk memperbanyak minum air putih. Pada awal membiasakan minum air putih, biasanya seseorang akan sering pipis. Tidak apa-apa, itu baik.
  • Usahakan untuk tidak memenuhi gizi dengan makanan tertentu agar gizi dalam tubuh anda bisa tetap seimbang.
  • Usahakan untuk selalu cek kada gula dalam darah secara rutin.
  • Usahakan juga untuk cek tekanan darah.
Jika langkah-langkah diatas sudah anda jalankan dengan rutin, maka langkah terakhir adalah usahakan setiap 2 hari sekali atau beberapa hari sekali untuk melakukan olah raga ringan, bisa dengan berjalan kaki atau melakukan lari-lari kecil. Dengan begiti semua kinerja organ tubuh anda termasuk ginjal bisa tetap seimbang dan bekerja dengan baik.

sumber  https://www.harianpost.co.id/12981/gejala-penyakit-albuminuria-penyebab-dan-cara-mencegahnya/

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.