Pengetahuan

Semua ada disini

Lensa Cekung

Berikut ini berupakan pembahasan tentang sifat bayangan lensa cekung, pembentukan bayangan pada lensa cekung, rumus lensa cekung, pengertian lensa cekung, pembiasan cahaya pada lensa cekung, macam-macam lensa cekung, jenis-jenis lensa cekung, dan bagian-bagian lensa cekung serta sinar istimewa lensa cekung.

Pengertian dan Macam-macam Jenis Lensa Cekung

Lensa cekung atau lensa negatif (divergen) adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian pinggirnya. Lensa cekung terdiri dari;
  • bikonkaf (cekung – cekung), 
  • plan konkaf (cekung - datar), dan 
  • konveks – konkaf (cekung – cembung).

Lensa Cembung

Lensa cembung merupakan lensa yang bagian tengahnya memiliki ketebalan lebih daripada bagian tepi. Lensa cembung biasanya memiliki bentuk lingkaran dan terbuat dari kaca atau plastik sehingga lensa memiliki indeks bias lebih besar ketimbang indeks biar udara.

Teleskop

Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang berada di langit seperti bulan dan bintang. Teleskop dapat menjalankan fungsi tersebut karena kemampuannya memperkuat cahaya dan memperbesar bayangan, sehingga benda-benda yang jauh dapat terlihat lebih dekat dan jelas. Teleskop juga disebut dengan teropong.

Mikroskop

Mikroskop adalah alat bantu yang digunakan untuk melihat dan mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil yang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Kata Mikroskop berasal dari bahasa latin, yaitu “mikro” yang berarti kecil dan kata “scopein” yang berarti melihat. Benda kecil dilihat dengan cara memperbesar ukuran bayangan benda tersebut hinga berkali-kali lipat. Bayangan benda dapat dibesarkan 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali, dan perbesaran yang mampu dijangkau semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi . Ilmu yang mempelajari objek-objek berukuran sangat kecil dengan menggunakan mikroskop disebut Mikroskopi. Mikroskop ditemukan oleh Anthony Van Leewenhoek, penemuan ini sangat membantu peneliti dan ilmuan untuk mengamati objek mikroskopis.

Kaca Pembesar (Lup)

Lupkaca pembesar atau suryakanta adalah sebuah lensa cembung yang mempunyai titik fokus yang dekat dengan lensanyaBenda yang akan diperbesar terletak di dalam titik fokus lup itu atau jarak benda ke lensa lup tersebut lebih kecil dibandingkan jarak titik fokus lup ke lensa lup tersebut. Bayangan yang dihasilkan bersifat tegaknyata, dan diperbesar. Lup ditemukan oleh seorang dari Arab bernama Abu Ali al-Hasan Ibn Al-Haitham

Kamera

Kamera adalah alat optik yang dapat merekam suatu peristiwa atau kejadian penting dalam bentuk gambar atau foto sehingga peristiwa dalam bentuk gambar atau foto sehingga peristiwa itu dapat kita lihat kembali. Cara kerja kamera sama seperti cara kerja mata. Bayangan nyata dari sebuah objek/benda dibentuk oleh lensa cembung pada kamera. Bayangan nyata objek/benda itu ditangkap oleh film kamera. Film pada kamera berfungsi sebagai layar untuk menangkap bayangan yang dibentuk oleh lensa. Pada film tersebut terdapat lapisan zat kimia yang peka terhadap cahaya. Perubahan lapisan pada film kamera sesuai dengan cahaya yang datang. Karena cahaya yang datang membentuk bayangan nyata, maka perubahan lapisan zat kimiasesuai dengan bentuk bayangan objek/benda.
Pengertian Kamera: Apa itu Kamera?
Pengertian Kamera
Bagian-bagian kamera terdiri atas lensa cembung yang dapat digeser-geser (diatur) untuk memfokuskan bayangan nyata agar selalu jatuh pada film. Pupil pada kamera adalah celah yang dibentuk oleh diafragma (seperti iris pada mata) yang disebut aperture. Bila aperture besar, berarti intensitas cahaya yang masuk pada film besar dan bila aperture kecil, berarti intensitas cahayayang masuk pada film kecil. Sifat bayangan pada film adalah terbalik, lebih kecil, dan nyata.



http://pengertianahli.id/2014/05/28/pengertian-kamera-apa-itu-kamera.html

Indra Penglihatan Serangga

Masing-masing mata serangga tersebut disebut omatidium (jamak:omatidia). Masing-masing omatidium berfungsi sebagai reseptor penglihatan yang terpisah. Setiap omatidium terdiri atas beberapa bagian, di antaranya berikut ini. (1) Lensa, permukaan depan lensamerupakan satu faset mata majemuk. (2) Kerucut kristalin, yang tembus cahaya. (3) Sel-selpenglihatan, yang peka terhadap adanya cahaya. (4) Sel-sel yang mengandung pigmen,yang memisahkan omatidia dari omatidia di sekelilingnya.

Indra Penglihatan Manusia

1. Indra Penglihat - Mata

Kita dapat mengetahui bermacam-macam warna, terang, gelap, dan pemandangan yang indah dengan mata.

Mata adalah indra penglihat. Bentuk mata seperti bola sehingga disebut bola mata. Bola mata terletak di dalam lekuk mata yang dibatasi oleh tulang dahi dan tulang pipi. Jadi, mata terlindung oleh kedua tulang tersebut. Mata mempunyai bagian-bagian yang terletak di luar dan di dalam mata.

Pembentukan Bayangan pada Cermin

Cermin adalah kaca bening yang salah satu permukaannya dilapisi raksa sehingga dapat memantulkan cahaya yangditerimanya. Cermin dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
1.Cermin Datar 
Cermin datar adalah kaca yang salah satu permukaannya dilapisi amalgam perak. Cermin datar dapat memantulkan seluruh berkas cahaya yang jatuh kepadanya.
Sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar yaitu :
a)        Bayangannya bersifat maya.
b)        Sama besar dengan bendanya.  
c)        Tegak
d)       Menghadap terbalik dengan bendanya. 
e)       Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin (jarak bayangan = jarak benda)

Sifat-sifat cahaya

Catar termasuk gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang antara 4 x 10-7 m hingga 7,6 x 10-7 m.  Menurut fisikawan yang bernama Maxwell, cahaya adalah rambatan gelombang dari hasil kombinasi medan magnetik dan medan listrik. Gelombang elektromagnetik merupakan hasil dari medan magnetik dan medan listrik. Sedangkan gelombang elektromagnetik termasuk jenis gelombang transversal karena arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya.